Bulan Suci ramadan segera datang

Sebentar  lagi kaum muslim di dunia akan memasuki bulan Ramadhan. Bagi sebagian muslim, ini lah waktu yang ditunggu-tunggu karena diyakini sebagai bulan penuh rahmat dan ampunan dari Tuhan. Namun, untuk mendapat ganjaran seperti yang diharapkan tidak mudah.

Banyak perbuatan atau perilaku yang bisa dibentuk dalam bulan puasa. Sebab, selain mediapenimbun ampunan dan rahmat Tuhan, puasa juga menjadi media pembelajaran agar menjadi muslim yang mampu memberikan kesejukan pada semua orang yang ada di dekatnya.

Berikut ada beberapa hal positif yang bisa anda lakukan selama Ramadhan untuk melatih diri agar tidak hanya menjadi muslim yang berkualitas namun juga manusia yang mencintai sesama.

  • Menghormati Orang yang Tidak Berpuasa

Saat berpuasa, janganlah menjadi muslim yang congkak. Artinya selalu menuntut untuk dihormati dari manusia lainnya baik sesama muslim atau orang beragama lain. Jadilah muslim yang rendah hati, seperti menghormati orang yang tidak berpuasa di sekitar Anda. Sebab, selain akan membiasakan pemunculan sikap rendah hati, penghargaan ini akan menebalkan Iman Anda saat tidak tergoda dengan orang yang tidak berpuasa.

  • Belajar Mengatur Jadwal

Untuk Anda yang kerap beraktifitas secara insidental, bulan puasa bisa dimanfaatkan untuk membuat jadwal rutinitas. Sebab, dengan membuat jadwal, Anda akan bisa mengukur dan mengatur kekuatan tubuh dan pikiran saat berpuasa. Misal, dalam satu hari selama puasa atur waktu bekerja, tidur, beribadah, dan lain sebagainya.

  • Minimalisir Penggunaan Media Jejaring Sosial

Selama bulan puasa berusahalah untuk mengurangi penggunaan media jejaring sosial seperti twitter atau facebook. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi sifat riya. Sebab, kadang orang secara tidak sadar telah banyak melakukan riya via jejaring sosial. Misalnya memposting kegiatan ibadah seperti, “Alhamdulillah, sudah buka puasa. Habis ini shalat magrib, tarawih, lalu lanjut ngaji. Semua untuk-Mu ya Rabb” dan lain sebagainya.

Al-Hafidz Ibnu Hajar al-Asqolani dalam Fathul Baari berkata bahwa Riya adalah menampakan ibadah dengan tujuan dilihat manusia, lalu mereka memuji pelaku amalan itu. Dari definisi dan penafsiran ini, saat memposting kegiatan ibadah selama Ramadhan maka Anda tengah melakukan riya. Pasalnya postingan tersebut akan dilihat orang banyak dan berpeluang memunculkan pujian.

sumber :http://posmetropadang.com/

Sedikit pesan dari saya , sebaiknya saat bulan puasa jangan bermain petasan , karena berbahaya dan juga membisingkan dan mengganggu orang lain. Ada pepatah “Bermain petasan sama saja dengan membakar uang “.Kalau saya sih tidak bermain petasan yang bisa saya lakukan adalah bermain meriam bambu atau kadang kadang bermain layang layang:) :)zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s